Tuesday, December 22, 2015

Korean Drama Review: Punch (2015)

All image source: here, and my screencapt.

"Death is easy, and the harder one is life."
-Junghwan-

Punch merupakan kisah enam bulan terakhir kehidupan Park Jung-hwan (Kim Rae-won). Dia adalah kepala tim investigasi anti-korupsi untuk Kantor Jaksa Agung. Untuk sampai ke posisinya, Jung-hwan telah mengambil beberapa jalan, tak terkecuali menghilangkan nyawa seseorang. Dibantu oleh Lee Tae-joon, Jung-hwan lah yang membantunya hingga di kursi Jaksa Agung.

Jaksa Agung
Namun tak lama setelah Lee Tae-joon menjadi Jaksa Agung, Jung-hwan didiagnosis dengan tumor menderita tumor otak ganas dan ia hanya memiliki enam bulan lagi untuk hidup. Hal itu membuat Jung-hwan menguji kembali pilihan hidupnya. Dia memutuskan untuk mengejar keadilan apapun resikonya, bahkan jika itu berarti mengorbankan hidupnya. 


Jung-hwan mengira ini adalah usaha dan kesempatan terakhir untuk berbuat hal yang benar, keadilan terhadap dunia yang kotor. Dan tujuan utamanya adalah menurunkan bosnya, Jaksa Agung Lee Tae-joon. Ya, dalam Punch ini dengan mudahnya kawan menjadi lawan, tergantung kebutuhan.

Keluarga kecil
Dalam usahanya, Jung-hwan  dibantu mantan istrinya, Shin Ha Kyung. Ha-Kyung adalah jaksa idealis, bersih, di Distrik Seoul. Dia cerai dari Jung-hwan juga karena mantan suaminya itu terobsesi dengan ambisi dan tidak pernah punya waktu untuk dirinya dan anak mereka, Ye-rin. Sampai akhir, Ha-kyung memilih untuk membantu mantan suaminya itu, menunjukkan keadilan bagi dunia.

Pak Jaksa Agung vs Bu Mentri Hukum
Siapa jaksa ganteng ini?
Itulah sebagian besar awal alur drama Punch. Banyak sekali tokoh antagonis, Jaksa Agung vs Ibu Mentri Hukum dan kaki tangannya, terkecuali Jung-hwan, meski dia berbuat hal kotor untuk sampai di posisinya. Karena ada tokoh yang lebih antagonis dan segala antek-anteknya. Mereka saling beradu taktik, saling tukar 'bukti' sebagai sandraan, saling tukar 'kawan' dan berusaha saling menjatuhkan. Tentu saja, hingga akhir, aku memihak Jung-hwan. Meski bukan drama romance, pemirsa tetap dapat merasakan chemistry dalam hubungan mantan teman hidup itu. Termasuk cara Ha-kyung memanggil Jung-hwan, "Jung-hwan-ssi".

Berawal dari sebuah penyelamatan 
Punch drama yang berat. Tapi yakinlah, perjuangan Jung-hwan itu layak diikuti. Bahkan aku tidak berniat menonton episode pertama, saat itu hanya cari-cari drama yang bagus di youtube dan menonton sebentar, jadi ketagihan. Jung-hwan ternyata tidak sebenci itu dengan Tae-joon, mereka awalnya dekat sekali. Dan itu berawal dari Tae-joon yang menyelamatkan Jung-hwan yang 'tertuduh' menggelapkan bukti. Setelah menonton, ingin sekali mencari drama serupa. Jelas, ada. Tapi, apa? Totally recommended!

Jung-hwan-ssi
And my favorite soundtrack from this series is Kim Feel - Ghost In Your Eyes. His voice so peacefull. And the song so warmfull.



Rate: 9/10

No comments:

Post a Comment