Wednesday, July 23, 2014

Rekomendasi Film Romance Asia Favorit Wajib Tonton

Source: here | Edited by me.
Hai hai. Berhubung masih dalam masa liburan menuju hari raya yang kuselingi dengan menonton film aku jadi kepengen share tentang film Asia yang keren dan wajib di tonton. Sebenarnya pengen juga film hollywood tapi Asia dulu deh. Sebagai pribumi yang baik, hehehe. Nanti akan dikategorikan dalam beberapa kategori yaitu genre. Ada Romance sama Romance Comedy dan Comedy sama Action, dan juga Tearjerker yang sebelumnya sudah pernah kuposting. Udah deh basa basinya, check dibawah aja ya.

R o m a n c e

Untuk genre romance, jangan ditanya deh, Asia jagonya. Mulai dari punya India yang legendaris, contohnya Kuch Kuch Hota Hai, punya Korea yang lebih berwarna dan nendang, punya Jepang yang sendu-sendu gimana gitu, punya Taiwan yang unpredictable, punya Thailand yang ringan tapi greget, hingga punya Indonesia yang entahlah, masih berkembang dan pastinya belum bisa ngalahin AADC. Pokoknya Asian Romance itu tak terkalahkan.


I Give My First Love to You (2009)
                   Romance, Melodrama 
Sejak kanak-kanak Takuma didiagnosis jantungnya memerlukan perawatan dari kardiolog. Dia bertemu lalu berteman dengan anak dari dokter yang menanganinya, Mayu saat dirawat di rumah sakit. Suatu hari Mayu sengaja mendengar ayahnya mengatakan bahwa kondisi Takuma cukup serius dan kemungkinan besarnya tidak akan hidup melampaui usia 20. Takuma tidak menyadari hal ini sendiri, oleh karena itu pada usia 8 tahun dia membuat janji untuk menikahi Mayu ketika umur mereka 20. Kemudian hingga suatu saat, Takuma sadar bahwa ia tidak akan mampu menjaga janjinya itu dan ia mulai menjauhkan diri dari Mayu dengan harapan melindunginya. (terjemahan dari kutipan imdb)

Bagus banget filmnyaaaaa. Aktingnya jempolan dan ngena banget mulai dari romance-nya hingga penderitaannya. Maknanya dalem, banyak hikmah yang dapat dipetik. Berkat film ini mataku bengkak tiga hari tiga malam. Huhuhu. Sejauh ini jadi film Jepang favoritku disusul oleh Koizora/ Sky of Love. Rating: 9.5/10

You are the Apple of My Eye (2011)
                 Romance, Comedy, Drama

Masa remaja ibarat hujan deras. Meskipun dirimu merasakan dinginnya, kamu masih sangat berharap untuk mengalami hal itu sekali lagi. 
Ko-Teng memiliki beberapa teman dekat yang naksir Shen Chia-Yi. Membuat mereka serempak dari SMP Ching Chang langsung ke divisi SMA untuk mengejar Chia-Yi. 
Sebagai murid yang paling nakal, Ko-Teng suatu hari diperintahkan oleh guru wali kelasnya untuk duduk di depan siswa teladan Chia-Yi agar tidak menjadi siswa pengganggu. Mereka berdua tidak rukun pada awalnya, tetapi Ko-Teng lambat laun jatuh cinta pada Chia-Yi, yang selalu menekan dia untuk belajar keras. Di sisi lain, Chia-Yi menjadi terkesan oleh nilai-nilai Ko-Teng yang menaik. Ko-Teng mulai mengejar Chia-Yi tapi dia ragu-ragu. (terjemahan dari kutipan asianwiki)
Keren abis. Storyline-nya menarik, tentang masa remaja yang dikemas sedemikian bagusnya. Karakternya kuat dan saling melengkapi. Film Taiwan pertama yang kutonton, akhirnya membuatku berburu film Taiwan lainnya, hehehe. Endingnya bikin speechless. Tapi tetep film ini jempolan! Mengajarkan kita kalau cinta itu jangan ragu-ragu. Based on true story, lho. Rating: 9.5/10

Crazy Little Thing Called Love / First Love (2010)
                    Romance, Drama
Seorang gadis biasa berusia 14 tahun, Nam, yang jelek, cupu, bodoh, dan tidak menarik. Dia diam-diam jatuh cinta dengan pria yang lebih tua di kelas 10 bernama Chon, siswa paling populer di sekolah tinggi. Dia keren, tampan, sempurna dan murah hati, dan itulah yang membuat banyak gadis di sekolah tergila-gila padanya, termasuk Nam. Tapi dia tidak gampang menyerah. Dia mencoba melakukan segalanya untuk bisa mendapatkan perhatian oleh Chon, mempercantik diri yang sebenarnya tidak mudah, dengan harapan Chon berbalik untuk memandangnya meski hanya satu kali. (terjemahan dari kutipan asianwiki)
Sebenarnya film ini masuk genre Romance-Comedy. Tapi aku masukin ke Romance aja. Storyline-nya menarik banget. Berkat film ini aku jadi hunting film Thailand yang lain. Ceritanya kocak sekaligus menyentuh. Ada satu part yang akan menguras air mata. Pokoknya tak terlupakan deh nih film. Keren abissss. Rating: 9.5/10

Always / Only You (2010)
              Romance, Melodrama

Setelah menutup diri dari dunia, mantan petinju profesional, Chul Min memulai pekerjaan baru sebagai petugas parkir. Suatu malam, seorang gadis cantik tunanetra, Jung Hwa, masuk ke markasnya kecilnya untuk menonton televisi denganmya. Semangat cerah Jung Hwa dan senyumannya dalam menghadapi kesulitan ternyata mengalir ke jantung Chul Min dan menyinarkan secercah harapan ke dalam kehidupan mereka, tetapi cinta dan kebahagiaan mereka berumur pendek kemudian sirna. (terjemahan dari kutipan mydramalist)
Akting dari pemainnya natural, romancenya dapet, menyentuh. Sama sekali nggak membosankan, proporsional, lah. Ceritanya agak kelam tapi keren banget. Jangan diragukan lagi produknya negeri gingseng. Nangis-nangis nonton film ini. Bukannya cengeng yaaaa :p Rating: 9.5/10

Hear Me (2009)
     Romance, Drama

Dua bersaudara tuli yang mendukung satu sama lain, sementara sang kakak, Xiao Peng, mencoba untuk menjadi perenang andal untuk Deaflympics. Sang adik, Yang Yang, selalu berdiri di dekatnya dan siap untuk mendukungnya dengan cara apapun.
Seorang pemuda bernama Tian Kuo datang dengan memberikan kotak makan siang untuk tim renang. Dia tertarik pada sang adik, Yang Yang kemudian hubungan berkembang di antara keduanya. Tapi ketika Yang Yang sadar dia telah melupakan sang kakak, Xiao Peng, dia menarik diri dari hubungannya dengan Tian Kuo. (terjemahan dari kutipan wikipedia)
Ceritanya ringan. Tentang saudara tuli gitu jadi dalam film ini nggak banyak dialognya. Sunyi. Hanya pakai bahasa isyarat. Persaudaraannya dapet banget feel-nya, cuma romancenya agak kurang sih. Tapi aku sukaaaaa. Rating: 9/10

Architecture 101 (2012)
             Romance, Drama
Menceritakan kisah cinta antara Seo Yeon dan Seung Min saat masih kuliah. Mereka berdua bertemu di perguruan tinggi untuk mempelajari arsitektur kemudian saling mengalami cinta pertama mereka.
Lima belas tahun kemudian, Seo Yeon memanggil Seung Min dan memintanya untuk membangun kembali rumahnya yang tua dan kuno terletak di pinggir pantai. Mereka akhirnya bertemu lagi tetapi dia tidak mengenali pada awalnya. Sebuah perjalanan cinta yang indah, cinta pertama. (dikutip dari koreanindo)

Sebuah film yang indah dengan fiew beberapa sudut negeri gingseng. Dengan alur maju-mundur. Dikemas secara sederhana, tidak muluk-muluk tapi rapih. Ceritanya mengalir dan indah. Rating: 8.5/10

Sky of Love (2007)
        Romance, Melodrama
Cerita ini berkisah tentang Mika, yang jatuh cinta dengan teman sekelasnya, Hiroki, setelah memasuki SMA. Hiro ini merupakan cowok paling nakal di sekolah yang juga memiliki banyak penggemar karena tampan. Awalnya Mika kehilangan HP yang ditemukan oleh Hiro. Setelah pertemuan itu mereka menjadi semakin dekat dan merajut hubungan. Suka duka mereka jalani bersama. Mika akhirnya hamil dan Hiro menghilang dari hidupnya.
Storyline-nya bagus. Awalnya lucu, renyah, di pertengahan udah mulai berat dan di akhir kisahnya memilukan. Tentang cinta pertama, lagi. Rating: 8.5/10

Rectoverso (2012)
          Romance, Omnibus

Ada lima kisah dalam satu film. Malaikat Juga Tahu, Firasat, Cicak di Dinding, Curhat Buat Sahabat dan Hanya Isyarat. Kelima kisah diambil dari cerpen Dee dalam bukunya, Rectoverso. 
Akhirnya film Indonesia juga. Jadi, mengapa harus Rectoverso? Hmm, karena aku suka. Dari awalnya aku suka cerpen-cerpen gitu jadi aku baca bukunya dulu baru nonton film-nya. Keren banget kalau menurutku. Berwarna. Ada yang kelam, lucu, bahkan heroik. Kalau di cerpen susah banget mencerna kisahnya, di film lebih lugas. Akting pemainnya jangan di ragukan lagi, papan atas semua. Tapi aku agak nggak suka Sofia Lajuba di film ini. Part favoritku Curhat Buat Sahabat dan Malaikat Juga Tahu. Salah satu film Indonesia terbaik yang pernah kutonton. 

Romance-Comedy

Kok ada romance dan romance comedy? Bedanya apa coba? 
Nah, romance-comedy atau singkatannya romcom ini perpaduan dua genre. Kisahnya jadi kocak dan lebih segar. Salah satu genre favoritku ya ini, romcom. Romcom Asia nggak kalah sama Hollywood punya kok.

My Sassy Girl (2001)
Awalnya menggambarkan pertemuan Kyun-woo dengan seorang gadis yang tidak disebutkan namanya di kereta. Kyun-woo malu sehingga membantu gadis itu karena penumpang lain beranggapan bahwa dia pacarnya. Setelah Kyun-woo membantu dia, Kyun-woo menjadi bertanggung jawab terhadap gadis itu. Rasa pun berkembang di antara mereka. (terjemahan dari kutipan imdb)
Keren banget pokoknya. Unik, kocak, ringan, seger. Digadang-gadang sebagai film Korea terbaik sepanjang masa. Pemainnya ngena dan sama-sama top banget. Rating: 9/10

Love 911 (2012)
Merupakan kisah cinta antara Mi-soo, dokter cantik yang bersemangat namun berapi-api dengan Kang-il, seorang pemadam kebakaran. Oleh karena suatu hal, Mi-soo dikenakan sanksi dari rumah sakitnya dan dia melakukan pelayanan masyarakat dengan ikut menjadi pemadam kebakaran. Awalnya Mi-soo pernah sekali bertemu dengan Kang-il tapi dengan hubungan ini rasa cinta merekah antara keduanya.
Tipikal film romcom lah. Ini termasuk film baru dan awalnya kuhiraukan. Tapi awal film aja sudah menghipnotisku. Film ini mengajak kita tertawa kemudian menangis. HHJ sungguh memukau di film ini, seperti di Always. Meskipun rating di imdbnya termasuk rendah, aku nggak menghiraukannya, hehe. Rating: 9/10

200 Pounds Beauty (2006) 
Berkisah tentang seorang gadis penyanyi di balik layar yang gendut dan maaf, jelek. Awalnya gadis itu enjoy-enjoy aja dengan tubuhnya itu namun ia juga lelah menyanyi di balik layar. Ia berniat menjadi cantik dengan jalan operasi cantik dan berhasil. Jadilah ia angsa yang menawan. Namun lama kelamaan ia menjadi menyesal karena tidak menjadi dirinya sendiri. Sebetulnya yang membuat terharu itu adalah hubungan gadis itu dengan ayahnya. 
Storyline-nya benar-benar menarik. Tentang operasi plastik. Ringan, renyah dan mengharukan. Aktingnya dapet banget. Film ini bener-bener totalitas. Pemain gendut dan yang cantik itu satu aktris yang sama, lho. Kereeen pokoknya. Mengajarkan arti kehidupan. Rating: 9/10

Love Clinique (2012)
Dong Joo, gadis yang tuli nada, naksir seorang pria sejak kuliah dan berusaha untuk memperbaiki suaranya dengan menyanyi untuk menjadi lebih dekat dengan pria itu. Sedangkan Shing Heung, seorang instruktur di klinik tuli nada, secara kebetulan membantu Dong Joo dan mulai menyukainya. Sementara itu, ada Bo Ra, teman Dong Joo yang juga mencoba untuk membantu Dong Joo.
Kocak banget film ini. Storyline-nya menarik. Aktingnya oke juga. Ngakak-ngakak deh nontonnya. Terus sepanjang film bawaannya pengen ketawa kalau nggak ya senyum-senyum nggak jelas. Rating: 8.5/10

ATM Err Rak Error (2012)
Jib, seorang wanita karier bekerja sebagai wakil direktur di sebuah bank dari Jepang bernama JNBC. Bank itu menjalankan peraturan yang menyebutkan bahwa sesama pegawai tidak boleh menjalin cinta, jika ketahuan maka salah satunya harus keluar. Jib adalah salah satu orang yang berwenang dalam memutuskan sidang hubungan. Sayangnya, dibalik itu semua ternyata Jib telah berhubungan dengan Sua yang tak lain  tak bukan adalah bawahannya sendiri. (dikutip dari wikipedia)
Sebenarnya Thailand jagonya film romcom. Banyak banget film-film romcomnya yang berkualitas contohnya Hello Stranger, CLTCL, Bangkok Traffic Love dan Hormones. Tapi aku paling suka yang ini, ATM setelah CLTCL. Kisahnya segar, ringan dan kocak. Rating: 8.5/10

Quick (2011)
Gi-soo, Myeong-sik dan Ah-rom adalah anggota geng motor terkenal. Mereka menikmati hari-hari disaat berkeliaran di jalanan dengan sepeda motor. Sekarang, Gi-soo bekerja sebagai pengantar paket, Myeong-sik adalah polisi sepeda motor dan Ah-rom adalah seorang penyanyi idola pop. Suatu hari, Gi-soo menemukan Ah-rom naik di bagian belakang sepeda motornya saat ia melakukan pengiriman. Yang mengejutkan mengirim paket bom. Di ponsel Gi-soo seseorang mengatakan kepadanya bahwa ada bom lain di helm yang Ah-rom mengenakan. Gi-soo diperintahkan untuk mengantarkan pengiriman bom lain. Jika pengiriman terlambat atau ia mencoba untuk melarikan diri helm yang dikenakan Ah-rom akan meledak.
Nothing special, sih sebenarnya. Rating di imdb juga rendah. Tapi menurutku film ini worthed kok. Kocak aja liat tingkah konyol pemain cowoknya. Nggak berhenti ketawa pokoknya. Rating: 8/10

Nah, itu dia beberapa film romantis Asia punya favoritku. Sebenernya balik lagi ke diri kita masing-masing, seperti apa film yang kita tonton serta bagaimana sikon saat kita menonton. Ambil positifnya saja kalau menonton film itu, semata-mata karena hiburan. Wong nonton film nggak mbayar aja kok, tinggal sedot, ditonton, beress (ini bagi yang donloder yaa). Semoga bermanfaat postinganku kali ini. Nantikan postingan selanjutnya tentang rekomendasi film komedi Asia! :D

Danke, 

34 comments:

  1. You're the apple of my eye paling favorit T-T endingnya bener-bener tak terduga dan bikin nyeeesss. Ditunggu rekomendasi film lainnya yaaa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Always/ Only You mantep film nya,, TQ atas saran nya

    ReplyDelete
  3. cuman saran nh, coba liat juga Film "Secret" (korea) :v best Romance

    ReplyDelete
  4. rekomendasi 7 film petualangan terbaik

    http://goo.gl/Cc7pF6

    ReplyDelete
  5. mksh ats saran ny mba'
    ni wt nambahin koleksi, dicoba y
    romance=bokura ga ita, a momment to remember, my girl and i 2005
    romcom=castaway on the moon, Im a cyborg but that's ok, my ps partner 2012

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. wah sebagian udah aku tonton tuh. btw makasih rekomennya:))

      Delete
  6. Nggak ada lagi ka film yg romance comedynya ?

    ReplyDelete
  7. paradise kiss satu lagi

    ReplyDelete
  8. Nice info. Nice blog. You are the apple of my eyes, My sassy girl paling keren. . .
    sayang film india gak ada yang disebutin.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, film India mah gausah disebut udah pada tau. Legend sih kebanyakan.

      Delete
  9. nice blog min tolong coment ya genre romance school kalau bisa min sejenis you are the apple of my eye atau hear me atau a little thing called love . tolong balas min Ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah nonton Hot Young Bloods? Itu genre tema anak sekolah, filmnya bagus. Atau yang serial Reply 1997 (Korea) dan Hormones (Thai). Kebanyakan yang seru emang serial dramanya kalau sekolahan.

      Delete
  10. update yang baru dong gan,, jepang utamanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak terlalu suka Jepang hehehe. Sorry banget

      Delete
  11. What a nice post!

    ReplyDelete
  12. ada lagi nih, Fabulous 30 ,film thailand romantis banget

    ReplyDelete
  13. Sudah 95% yang ada di list pernah saya tonton, dan menurut saya nomor satu tetap Koizora, karena berdasarkan kisah nyata juga. Tambahan dari saya beberapa film romantis yang bisa membuat air mata saya menetes yaitu seperti: Hello Stranger, 1 Litre of Tears, Fly Me to Polaris, Heavenly Forest, A Moment To Remember, dll.

    ReplyDelete
  14. Film lama juga bnyak yg bagus. Ada romance in their own [2004], my little bride [2004], he is cool [2004], do re mi fa so la si do [2004], itu tema anak sekolah semua.

    ReplyDelete
  15. The flower we saw that day. dijamin mewek nontonnya

    ReplyDelete
  16. Youre the apple sih, endingnya jleb banget. Hiks
    Thai movie juga gak salah seru kalo soal film romcom ya. Imho hehe

    ReplyDelete
  17. coba deh kak nnton our times movie taiwan termasuk rom-com juga itu

    ReplyDelete
  18. Bagi yang mau nonton Bioskop Pengganti INDOXXI
    Disini kita telah sediakan berbagai LInk Untuk nonton guys

    Nonton Film Bioskop & Download Film Sub Indo
    LINK NONTON 1 >> indoxxi
    LINK NONTON 2 >>Bioskopkeren
    LINK NONTON 3 >>layarkaca21
    LINK NONTON 4 >>lk21

    LINK NONTON DRAKOR 1>> Drakor nobar24,
    LINK NONTON DRAKOR 2>> DRAKOR SUB INDO

    Selamat mencoba nya satu persatu gan

    ReplyDelete