Thursday, April 17, 2014

12 Film Korea Mengharukan Menguras Air Mata

Source: here
Tau semua kan sama film tearjerker? Film yang membuat kita nangis bombay, hehe. Meskipun artiannya tidak begitu, ya. Berhubung masih bersuasana haru setelah menonton salah satu film tearjerker andalan negeri Gingseng hingga membuat mata benjol (maaf curhat), aku ingin berbagi film-film penguras air mata yang benar-benar niat menguras bak mandi eh, air mata. Sebelumnya bila ada yang bertanya mengapa harus Korea, jawabannya: karena selama ini kebanyakan film Negeri Gingseng, lah yang sukses membuat nangis bombay. Simple, kan? Check it out, ya.

*brb ngubek-ubek folder pilem*

A Long Visit
Source: here

Film bertema ibu dan anak yang mengharukan. Disini diceritakan tentang seorang anak yang telah berkeluarga mengunjungi ibunya yang tinggal seorang diri di desa dalam jangka waktu lama. Tujuannya adalah melepas rindu pada ibunya. Hari demi hari berlalu dan terbongkar rahasia antara ibu-anak itu. Disitulah titik yang menguras air mata; melepaskan. Memang kekuatan terbesar film tearjerker adalah kematian dan penyakit. 
Source: here

A Moment To Remember
Source: here
Mungkin banyak yang menyamakan film ini dengan film barat yang dibintangi Mandy Moore, A Walk To Remember. Sebetulnya tidak ada hubungannya sama sekali, kecuali judul yang mirip. Kalau diminta memilih mana yang lebih kusuka, aku memilih A Moment To Remember. Bisa dibilang film ini film korea pertama yang kulihat. Sekali lihat, langsung ketagihan.
Source: here
Berkisah tentang sepasang suami dan istri (sebelumnya juga diceritakan pendekatan mereka) yang hidup dengan harmonis. Mereka sungguh cocok namun ada keluarga yang tidak mengizinkan, ah bukan itu intinya. Intinya sang istri sekian lama kemudian mengidap penyakit alzheimer (hilang ingatan berangsur-angsur). Tekanan demi tekanan dilalui sang suami dengan sabar, namun itulah yang mengharukan! Hingga akhirnya sang suami ingin sang istri mengingat suatu waktu, saat mereka pertama bertemu.

Always
Source: here

Sebetulnya genre film ini romance. Tapi bila ditonton dengan penghayatan, pasti deh air mata mengalir nantinya, hehe. Berkisah tentang gadis cantik namun ia tak dapat melihat (maaf, buta) yang salingcinta dengan pemuda urakan penjaga palang pintu apartemennya. Mereka pun seiring berjalannya waktu semakin dekat dan tak terpisahkan. Hingga rahasia besar terkuak menyebabkan sang pemuda pergi untuk membalas kesalahannya, ia pergi tanpa sepatah kata apapun untuk mencari uang namun dengan cara ilegal. Hingga ganti identitas diri untuk menghindari resiko 'kenalan penjahat'. Mulai dari perginya sang pemuda hingga akhir penuh dengan drama serta emosi. Lalu apakah mereka akan bertemu lagi? Tonton saja Always. Worth to watch!
Source: here
200 Pounds Beauty
Source: here
Berkisah tentang seorang gadis penyanyi di balik layar yang gendut dan maaf, jelek. Awalnya gadis itu enjoy-enjoy aja dengan tubuhnya itu namun ia juga lelah menyanyi di balik layar. Ia berniat menjadi cantik dengan jalan operasi cantik dan berhasil. Jadilah ia angsa yang menawan. Namun lama kelamaan ia menjadi menyesal karena tidak menjadi dirinya sendiri. Sebetulnya yang membuat terharu itu adalah hubungan gadis itu dengan ayahnya. Sungguh mengharukan!
Film ini totalitas sekali. Pemain gendut jelek dan langsing cantik hanya satu orang! Tak heran masuk jajaran film terlaris negeri gingseng. Great job!

Daisy
Source: here
Berkisah tentang cinta segitiga detektif, pelukis jalanan dan pembunuh bayaran. Aku sendiri lupa jalan ceritanya yang jelas film ini patut ditonton!
Source: here
Harmony
Source: here

Harmony adalah film tearjerker murni! Sungguh mengiris-iris hati. Bertemakan kehidupan di lembaga pemasyarakatan (penjara) wanita di Korea. Di salah satu sel, ada beberapa wanita layaknya keluarga. Ada nenek Moon Ok yang paling senior, ada Jung Hye, si ibu yang melahirkan saat di penjara pemilik bayi lucu bernama Min Woo, ada penghuni baru yang berusara emas, dan ada lagi pokoknya. Suatu waktu setelah melihat pertunjukan paduan suara yang diundang buat tampil di penjara, Jung Hye berniat untuk membentuk grup paduan suara untuk para napi, kalau sukses ia akan diberi hari bebas oleh kepala lapas.
Source: here
Terbentuk lah grup paduan suara yang dikonduktori oleh Moon Ok yang dulunya profesor musik. Hingga akhirnya penampilan paduan suara tersebut sukses. Diberilah Jung Hye hari bebas untuk Min Woo namun tepat di hari itu Jung Hye harus melepas Min Woo untuk diadopsi. Sungguh mengharukan. Namun cerita belum selesai hingga situ, masih ada kisah tentang Moon Ok yang membuat film ini begitu sukses menguras air mata. Tonton saja! Hilangkan pikiran negatif yang menganggap premis jelek, karena sungguh film ini memberi banyak hikmah. Salah satunya tidak semua orang jahat itu jahat;)

Hello Ghost
Source: here
Berkisah seorang pemuda yatim piatu yang begitu terpuruk hidupnya. Ia beberapa kali mencoba bunuh diri namun gagal. Hingga suatu kali ia tersadar setelah percobaan bunuh diri, ia malah mendapat petaka. Ia dapat melihat hantu! Unik, kan? Iya pokoknya film ini kereeeen banget. Endingnya yang twist begitu memukau. Pokoknya ini film wajib ditonton! 
Source: here
Miracle In Cell No. 7 
Source: here
Hampir mirip dengan Harmony latarnya, namun Miracle In Cell No. 7 ini berlatar di lapas pria. Berkisah seorang bapak yang mengalami keterbelakangan mental. Ia sungguh sayang dengan anaknya. Karena sayangnya itu ia ingin membelikan tas kuning kepada anaknya, namun diperjalanan terjadi sesuatu tak terduga ia pun dituduh membunuh seorang anak kecil dan dijebloskanlah ia ke penjara. Di sini diperlihatkan perjuangan anak tersebut bertemu ayahnya di lapas dibantu dengan teman-teman sel nomor 7 dan itulah yang membuat kocak.
Source: here
Hari demi hari berlalu si anak beranjak dewasa dan menjadi seorang pengacara karena ingin membela  ketidakadilan akan ayahnya. Sungguh mengharukan namun film ini dibumbui komedi-komedi orisinil. Bahkan membuat kita tertawa dan menangis dalam satu waktu. Great!

Speedy Scandal
Source: here
Sebetulnya ini film komedi, namun lumayan mengharukan dan mengundang air mata. Berkisah seorang penyiar radio mapan yang hidupnya berubah 180 derajat saat ia didatangi wanita muda yang mengaku-ngaku sebagai anaknya. Tak tanggung-tanggung, wanita muda itu membawa anak kecil--anaknya. Jadi, lelaki itu kedatangan orang yang mengaku-ngaku sebagai anak dan cucunya. Unik memang. Film ini mengarah ke konyol, hehe. Yang membuat kita terharu adalah saat-saat mereka telah berpisah, merasakan kehilangan separuh jiwanya. Huhuhu:')
Benar-benar sangat wajib banget ditonton! (kalimat non-efektif--)
Source: here

Sunny
Source: here
Kalau di atas kebanyakan tentang keluarga dan romansa, film yang satu ini tentang persahabatan. Susah jelasinnya yang jelas film ini kereeeeeeeeeeeeeen banget (hitung berapa huruf e nya!). Everybody must watch!
Keren pokoknya, apalagi endingnya :D
Source: here

The Way Home
Source: here
Bertema hubungan nenek dan cucunya. Aku agak lupa jalan ceritanya. Meskipun sudah rilis lama, tapi film ini sungguh recommended! Pokoknya bagaimanapun nakalnya cucu, seorang nenek tetap menyayangi cucunya sendiri.
Source: here

Wedding Dress
Source: here
The last, but really, not the least, Wedding Dress. Bertema ibu dan anak. Disini anaknya lucu banget. Pokoknya ceritanya itu ibunya sibuk hingga lupa sama anaknya, kadang berantem juga. Jadi anaknya merasa kesepian, ditambah dia nggak punya teman di sekolah. Ia menjadi benci sama ibunya. Namun dibalik kesibukan ibunya itu ternyata ibunya sayaaaang banget. Lalu ibunya pengen memperbaiki hubungannya dengan anaknya. Mereka jadi akrab lagi, deh! Tak lama setelah mereka akrab, si ibu ternyata mengidap penyakit yang mematikan. Di sinilah part yang sungguh menguras emosi dan air mata.
Source: here
Lalu apa hubungannya dengan Wedding Dress=gaun pengantin? Nah, ibunya itu profesinya perancang busana. Ia ternyata merancang gaun terbaiknya untuk pernikahan anaknya kelak. Ditawar berapapun si ibu keukeuh tidak memberikan gaun itu!

Itu dia list film tearjerker versiku. Semoga dapat memberi refrensi, hehe. Jika ada yang tidak suka dengan film tearjerker bahkan menyebut film genre ini sebagai film cengeng, ya tidak usah dibaca. Sebenarnya apa salahnya sih nonton film tearjerker? Padahal ilm tearjerker dapat memberi banyak hikmah serta membuat kita bisa lebih mensyukuri hidup. So......

Terimakasih kunjungannya, bila ada masukan dengan senang hati,

Salam!
Goodbye! :) | Source: here
Berhubung banyak yang request untuk diperbanyak list rekomendasinya.. :)
Silakan menjelajahi link berikut lebih lanjut: Film Korea Mengharukan Menguras Air Mata PART 2




Catatan:
Bagi teman-teman readers yang kesusahan mencari film-film di atas bisa dm ke instagram @aidafajria yaa barangkali bisa membantu :) 
Related post:

43 comments:

  1. Thanks rekomennya. Bytheway, A Werewolf Boy g masuk ni? He3 fav aku tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Storylinenya emang bagus, viewnya keren banget. Tapi aku gaterlalu suka soalnya kurang ngena sm entah kenapa aku gasuka film ttg manusia jadi-jadian hehehe :D

      Delete
    2. wkwkwkw setuju tuh,kaya ggs ceritanya :D

      Delete
  2. sbgian udh dttn. cm nmr 6,10,12 yg blm..
    bgs2 rekomen film ny.. mnrtku a long visit ttp jadi yg no.1 wt film yg bkn mewek..
    update jg dong film2 dg genre yg lain..

    ReplyDelete
  3. mau nonton yang always nih, kayanya seru :D

    ReplyDelete
  4. njirr pas nonton film "always" pas di scene dijalan si cowo labrak ama anjing nya terus ketemu si cewe yang dulu bersama dia,tiba-tiba aja air mata turun sendiri njirr bagus banget nih film :D

    ReplyDelete
  5. pengen nonton yang miracle in cell no.7

    ReplyDelete
  6. Pen nonton always :'v kyknya seru
    Dri pada the cat funeral yg diperanin Kang in suju,itu movie bener2 gk bisa dimngerti :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. loh kenapa dengan film nya kangin ? itu juga bagus menurutku . kalau kagak suka kagak usah dibanding bandingin sama yang lain

      Delete
    3. Oh ya? Boleh deh jadi pertimbangan nantii. Btw yg diutarakan Rosdiana itukan cuma pendapat jadi keep calm yaa.. :) gaada yg berniat banding2in, lagian aku buat artikelkan semata2 buat referensi ajaa :D

      Delete
  7. A Moment To Remember...hiksss banjiirr air mata...jadi ketagihan nonton film2 korea...

    ReplyDelete
  8. wedding dress biikin meweek...apalagi saat si anak tahu kalau ibunya mengidap penyakit....hiks hikss...bener2 hebat si kecil memaenkan perannya

    ReplyDelete
  9. Nontom always udah 2 kali dan ngeluarin air mata berkali kali.. Jadi ketagihan nonton film-film korea. Akting mereka dapet banget, apalagi anak kecil yg di miracle in cell no.7, kereeeeenn !! Sampe bikin baju basah..

    ReplyDelete
  10. Kak... download Harmony sama The Way Home di mana ya?
    Yang kira-kira formatnya 720P

    Makasih juga lho atas rekomendasinya. Sangat membantu.

    Ditunggu rekomendasi film Korea berikutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf yaa gabisa nyertain link. Mungkin bisa cari2 sendiri. Di idw* kemungkinan ada.
      Sama-sama. Makasih udah berkunjung :)

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  11. A Moment To Remember, film Korea pertama yang saya nonton dan akhirnya mewek untuk pertama kalinya.. Paling kesal dari film Korea itu menurut saya, endingnya yang gantung dan kadang mengarah ke 'tidak jelas'. Dari overall Korea juara dalam bikin film....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Me too! Eh tapi endingnya jelas kok menurutku. Sad ending but still masterpiece. Emang juara banget! =D

      Delete
  12. Thankss mbaa rekomentasinya! film always yang masingena sampe sekarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip! Sama-sama. Lainnya Always juga gak kalah 'ngena' kokk ;D

      Delete
  13. minta recomment link buat the why home pls

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  14. Kasih tambahan neng. "The man from nowhere" mungkin iso ngge baper-baperan neng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh salah satu rekomendasi, yang main Won Bin. Tapi ceritanya agak sadis =D

      Delete
  15. Buat kalian yg suka Son Ye Jin (pemeran utama wanita di film A Moment to Remember) saya ada saran, judulnya The Classic, dijamin gak nyesel hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju!!! The Classic jempolan banget ceritanya!

      Delete
  16. KALIAN HARUS NONTON ONE DAY (2016)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Film thailand ya? Thanks rekomendasinya. By the way One Day (2011) bagus loh :))

      Delete
  17. Film always(2011) abiz gua lelah mnguras AIR mata(nangis) aku gagal mantan terdiam mana2 udah 4 tahun lalu jdnya gk ada kabar dia.. sperti itu cerita lelahhhhhh T_T :'(

    parah nonton always jd sakit hati T_T

    ReplyDelete
  18. astagah cuma always yg belum aku tonton. rekimen nih kayaknya. pindah lapak dulu mau donlot ihihihi

    ReplyDelete
  19. Sebagian udah nnoton, untuk tambahan "miracle of giving fool" juga lumayan sedih bikin mewek hehe

    ReplyDelete
  20. Di taon 2017 ada lg ga ya film yg bikin nangis.. Minta info ya sist yg cantik".. Tq

    ReplyDelete
  21. Di taon 2017 ada lg ga ya film yg bikin nangis.. Minta info ya sist yg cantik".. Tq

    ReplyDelete