Monday, June 27, 2016

10 Film Korea Mengharukan Menguras Air Mata PART 2 [Terbaru]

source: 
Setelah film romantis, rekomendasi bertajuk Film Korea Mengharukan menjadi favorit pengunjung blog ini. Karena memang menurut aku film yang menyentuh itu banyak mengandung hikmah dan esensi tersendiri. Tentu saja, berdasarkan individu masing-masing. Tak cuma Korea tentunya yang banyak film menyedihkanny. Indonesia ada Laskar Pelangi, India ada 3 Idiots, Jepang ada Litre of Tears, Barat ada About Time. Cuma aku suka aja dengan esensi film Korea yang indah :D

Oh iya, di postingan ini akan ku cantumkan film yang terbaru. Disimak ya.

Ode To My Father (2015)

themoviedb.org
The masterpiece that being my best movie I ever watch. Sudah kutonton berapa kali pun tetap.... tau sendiri lah ya. Di Korea sana film Ode To My Father masuk 3 besar film terbanyak penjualannya. Pernah dibahas juga di Infinity Challenge episode I.C Delivery dan episode itu juga bikin nangis!

Ode to My Father (Gukjesijang) berlatar Perang Korea 1950 yang menggambarkan kehidupan orang-orang yang pergi mengungsi setelah mereka melalui masa-masa sulit dalam perang, dinamakan Evakuasi Hungnam. Seorang anak yang bernama Deok-Soo (Hwang Jung-Min) yang kehilangan ayah dan adiknya ketika dia mencoba untuk melarikan diri dari zona perang pada bulan Desember 1950. Proses evakuasi yang  menyedihkan menyebabkan Ayah Deok-Soo tak bisa naik ke kapal. Dengan anggota keluarganya yang tersisa, maka dia melakukan perjalanan ke pelabuhan di Busan seperti apa kata Ayahnya yang menyuruh untuk tinggal di toko bibinya, Toko Khottbun.



Deok-Soo kemudian mengabdikan diri untuk keluarganya yang tersisa sebagai kepala keluarga menggantikan ayahnya dengan bekerja pada segala macam pekerjaan, juga pekerjaan sambilan untuk mendukung kehidupan mereka. Ia pun memutuskan untuk bekerja di tambang batubara Jerman yang berbahaya bersama Dal-Goo (Oh Dal-Su), temannya satu-satunya. Di Jerman dia jatuh cinta dengan seorang suster yaitu Young Ja (Kim Yun-Jin), akhirnya mereka menikah. Kisah Deok-Soo tak berhenti sampai situ. Masih banyak scene mengharukan yang siap menemanimu bernostalgia. Ikuti perjalanan hidup Deok-Soo si kepala keluarga yang murni hatinya ini.

Salute d'Amour (2015) 

Percintaan para muda-mudi sudah biasa dong yaa.. Di film ini mengisahkan hubungan seorang kakek yang hidup seorang diri, Sung-Chil (Park Geun-Hyung) dengan tetangganya yang baru saja pindah, Geum-Nim (Youn Yuh-Jung). Kakek Sung Chil berkerja di toko Jang-Soo milik Jang-Soo (Cho Jin-Woong). Kakek Sung Chil ini berwatak keras dan egois. Nenek Geum-Nim lah yang mengubah sikap Kakek Sung Chil menjadi lebih kalem. Namun hubungan mereka tak direstui Min-Jung (Han Ji Min) yang adalah anak nenek Geum-Nim. Konflik pun muncul bertubi-tubi. Akankah mereka akan selalu bersama mengarungi hari-hari di masa senja?


Awalnya aku agak meragukan film ini karena judulnya aneh. Eh tapi setelah di tonton bagus loh. Film yang mengharukan tentang menerima orang lain dengan lapang hati. Pastikan nonton dengan orang tersayang dengan hati damai yaa! ^^ oh yaa, yang membuat film ini booming adalah keberadaan Chan-Yeol.


Chronicle of Blood Merchant (2015) 

koreaherald
Film keluarga ini berlatar Korsel tahun 1953. Heo Sam Gwan (Ha Jung Woo) adalah pemuda yang bekerja keras sebagai buruh bangunan serta membantu pamannya di ladang. Di desanya, para pemuda harus menjual darah bila ingin dianggap pria sejati. Dengan menjual darah membuktikan bahwa pemuda tersebut sehat dan dapat mencari banyak uang bila sudah menikah nanti. Pada suatu hari Heo Sam Gwan saat istirahat sebagai buruh, jatuh cinta pada Heo Ok Ran (Ha ji Won), penjual berondong jagung dan juga wanita paling cantik di desa, namun Ok Ran telah mempunyai pacar bernama Ha So Yong yang terkenal kaya dan playboy. Sam Gwan tidak menyerah, ia sudah terlanjur jatuh hati pada Ok Ran lalu berusaha keras untuk menikahinya.


11 tahun kemudian, mereka berdua hidup bahagia dan dikaruniai 3 orang putra bernama Heo Il Rak, Heo Irak, dan Heo Sam Rak. Namun di tengah masyarakat berembus kabar bahwa anak sulungnya, Il Rak wajahnya mirip dengan mantan pacar sang ibu, otomatis bukan anak kandung Sam Gwan. Sam Gwan pun membuktikan bahwa Il Rak adalah anak kandungnya melalui tes darah, namun sayang hasil tes tersebut Il Rak bukan anak kandungnya, disini lah kemudian konflik muncul di keluarganya yang dulunya harmonis.

Film melodrama keluarga yang sungguh menggetarkan hati akan perjuangan seorang ayah mencukupi keluarga dengan 3 orang anak, kasih sayang seorang anak terhadap ayahnya, dan bagaimana kita mencintai keluarga kita dengan sepenuh hati. 

Way Back Home (2013)



Yang satu ini berdasarkan kisah nyata sebuah kronik sepasang suami istri yang mencoba untuk pulang. Sang istri Song Jung-Yeon (Jeon Do-Youn) ditipu oleh seorang teman suaminya dan ditangkap karena memiliki narkoba di bandara Paris, Perancis. Dia kemudian dipenjarakan di penjara yang terletak di sebuah pulau terpencil. Suaminya Im Jong-Bae  (Ko Soo) berjuang untuk membawanya pulang ke rumahnya 


Jalan ke rumah yang terasa begitu jauh karena berbagai rintangan termasuk ketidak adilan yang mereka alami. Alasan yang cukup untuk membuat kamu berurai air mata! Ada line favoritku yang diucap oleh Jung Yeon dengan depresi: I want to back home... 

Wish (2013)
hancinema.net
Betapa mengiris hati film ini. Oh iya, anak kecil tokoh utama film ini bernama So-won yang artinya harapan. Sewaktu berangkat ke sekolah sendirian, So-won diserang oleh seorang pria tua yang mabuk. Akibatnya, ia menderita beberapa luka dan harus menjalani operasi namun ia mengalami cacat di bagian tertentu karena luka yang sangat parah. Pun luka dalam hatinya tentu lebih susah untuk sembuh. Hal ini membuat orang tuanya, Dong-hoon dan Mi-hee, merasa sakit hati sekaligus marah.
hancinema.net
Dari trauma hari itu, So-won bahkan menolak untuk melihat atau berbicara dengan ayahnya. Sang ayah berusaha mati-matian hanya untuk membuat So-won tersenyum lagi. Mencoba untuk berubah dan memasuki fase baru dalam hidup mereka, mencoba untuk menemukan harapan di tengah-tengah kesedihan dan keputusasaan mereka. Akankah So-won kecil menemukan secercah harapan itu? Film ini mendapat banyak penghargaan di berbagai aspek.


My Brilliant Life (2014)


asianwiki
Masih seputar anak-anak, di My Brilliant Life menceritakan seorang bocah kecil yang tubuhnya cepat menua. Orang tua A-Reum, Dae-Soo (diperankan Gang Dong-Won) dan Mi-Ra (Song Hye-Kyo), menikah di usia 17 tahun. Usia yang tergolong muda dengan perasaan gelisah. Akhirnya, mereka memiliki anak laki-laki bernama A-Reum (di Korea sana A-Reum artinya indah). Beberapa tahun kemudian, mereka mengetahui bahwa A-Reum mengalami sindrom Progeria, yaitu cacat genetik langka yang akan menyebabkan A-Reum mengalami penuaan dini.

asianwiki
Filmnya sungguh mengharukan. Banyak sekali scene yang menguras air mata dari awal hingga akhir. Film yang indah dan sarat akan makna!

Miss Granny (2014)

asianwiki
Lepas dari film melodrama yang sudah ku sebutkan di atas, film Miss Granny ini sebetulnya bergenre komedi looh. Entah tepat atau tidak memasukkan judul film ini karena lebih banyak ketawa sih hehehe. Komedi bercampur fantasi sih lebih tepatnya. Sampai di adaptasi oleh China yang membuat film dengan tema serupa, bahkan sama!

asianwiki
Berkisah nenek Oh Mal Soon (70 tahun) yang tinggal bersama putra semata wayang beserta menantu dan dua cucu. Suatu hari, nenek Mal Soon merasa sedih karena ia mendengar keluarganya berdiskusi akan memasukkan nenek ke panti jompo. Saat jalan-jalan untuk refreshing,  nenek Mal Soon menemukan studio foto ‘Forever Young’. Ia pun berniat mengambil foto untuk digunakan di pemakamannya kelak supaya terlihat lebih muda. Namun, peristiwa aneh terjadi. Selepas berfoto, ia berubah menjadi Mal Soon  muda, seperti Audrey Hepburn yang ada di poster depan studio foto, lengkap dengan kulit mulus serta tubuh fit. Tanpa dikenali siapapun, ia memutuskan untuk kembali menjadi masa mudanya sebagai Oh Doo Ri (dari pengucapan seperti Audrey).

Don't Forget Me (2016)

hancinema.net
Nah, ini yang paling terbaru! Sebuah melodrama berpadu misteri yang tak boleh di lewatkan. Seok-Won (Jung Woo-Sung) karena kecelakaan mobil, 10 tahun dari ingatannya menghilang. Dia menjadi sulit mengenali keluarga, teman atau bahkan dirinya sendiri. Tapi ternyata, dia lebih takut untuk mengetahui tentang masa lalunya. Seok-Won jatuh cinta dengan Jin-Young (Kim Ha-Neul) yang bertemu dengannya di rumah sakit. Sayangnya, seiring ia mencintai Jin-Young, masa lalunya perlahan muncul.
hancinema.net
Film yang manisdd banget dan melo dengan ending yang..... (rahasia) hehe. Dua pemain utama ini aku kenal banget jadinya aku tak ragu lagi akan kualitas film ini. Chemistry mereka berdua juga tak boleh diragukan. 

Man In Love (2014)

asianwiki
Dari judulnya sih gampang ditebak, memang. Tapi cerita dan alurnya tak boleh diragukan. Tae-Il (Hwang Jung-Min) adalah seorang gangster sekaligus renternir. Saat beraksi dalam menagih hutang, dia bertemu dengan Ho-Jung (Han Hye-Jin). Tae-Il pun menyadari bahwa ia jatuh cinta dengan Ho-Jung. Dengan hadirnya Ho-Jung perlahan mengubah hidupnya. Tapi kisah mereka tak selamanya indah karena..... Sungguh aku cuma sanggup menulis sampai situ karena ku jamin tanpa ekspektasi apa-apa akan memberi warna berbeda film yang akan kamu tonton termasuk film yang keren ini. Sinopsis pun kadang bisa jadi spoiler loh hehehe. Intinya, bagus. Banget.

Champ (2011)


asianwiki
Seorang mantan joki kuda bernama Seung Ho (Cha Tae-Hyun) yang menjadi buta saat kecelakaan serta kehilangan istrinya. Ia memutuskan pindah dari tempat tinggalnya pasca kalah di pertandingan di pulau Jeju bersama putrinya, Ye Sung, dan tinggal di peternakan kuda. Di sana, ia merasa tergugah hati setelah bertemu kuda bernama Wubak. Film yang wajib ditonton loh apalagi jarang kan film tentang binatang apalagi kuda. Setahuku malah cuma film ini. Filmnya CTH emang berkualitas semua dan tak boleh dilewatkan! 

asianwiki

The saddest of the sad movie: 

More Than Blue (2009)



Blue is the color that reflected a pain. This movie surely a legendary. A story that you won't easily forget. A story that serve you a sadness, thousand of sadness. A story which more than blue.



Bagi teman-teman readers yang kesusahan mencari film-film di atas bisa dm instagram aku @aidafajriya barangkali bisa membantu :) Karena selama ini email masuk banyak jadi biar email tugas kuliah nggak tergeser terlalu bawah :)

SIMAK JUGA...


FILM Korea Mengharukan Wajib nonton

10 Best Film Keren dan Menguras Air Mata PART 3 [Terbaru]





2 comments: