Thursday, June 23, 2016

Review Drama Korea: Signal


I BARELY DECLARED SIGNAL IS THE BEST DRAMA SERIES OF ALL TIME.

"Do not ever give up. You can change the past."

Pembuka akhir tahun yang dielu-elukan karena meraih 3 penghargaan Baeksang Award 2016 ini sungguh hebat. Meskipun dengan jalan cerita kelam, segala yang ada dalam drama ini sungguh indah. Aku jatuh cinta dengan drama ini sejak di episode perdananya.  Signal menyuguhkan lebih dari sekedar cerita fiksi juga misteri. Banyak pelajaran hidup yang secara tidak langsung diajarkan drama crime-mystery-thriller-fantasi ini. 

Source: asianwiki
Park Hae-Young (Lee Je-Hoon), seorang Letnan Polisi yang bekerja sebagai profiler kriminal. Meskipun ia adalah seorang polisi, ia tidak mempercayai polisi karena pengalaman masa lalu. Di episode perdana, kembali pada tahun 2000, ketika Hae-Young masih sekolah dasar, teman sekelasnya, Yoon-Jung, diculik dan kemudian ditemukan tewas. Hae-Young melihat seorang wanita yang menjemput Yoon-Jung dari sekolah hari itu, tapi polisi mengumumkan bahwa tersangka adalah laki-laki. Hae-Young bahkan pergi ke kantor polisi dan mengatakan kepada polisi bahwa ia melihat penculik dan mengatakan penculiknya seorang wanita. Petugas kepolisian sama sekali tidak memedulikannya karena dia hanya seorang anak kecil. Pembunuh sesungguhnya tidak pernah tertangkap dan kasusnya tetap belum terpecahkan sampai hari ini.


Source: here
Suatu hari, Hae-Young bertemu seorang wartawan di kafe untuk mengungkapkan skandal selebriti dari hasil profilingnya. Sementara, detektif senior Soo-Hyun (Kim Hye-so) mengintai Hae-Young di Kafé, menyadari bahwa Hae-Young adalah seorang polisi nakal yang mengintai kehidupan pribadi selebriti. Dalam kantor ia berdebat dan menang. Ia berhasil keluar dari polisi yang mencurigainya itu.

Sementara dalam perjalanan meninggalkan kantor polisi, Hae-Young mendengar seseorang berbicara kepadanya, memanggilnya dengan panggilan Letnan Park padahal tidak ada seorang pun. Dia pun mencari sumber suara, ternyata ditemukan sebuah walkie-talkie. Orang yang berbicara dengannya adalah detektif Lee Jae-Han (Cho Jin-Woong). Detektif dari tahun 2000 yang sedang menyelidiki hilangnya teman SD Hae-Young.  Hae-Young dan detektif Jae-Han mulai berkomunikasi melalui walkie-talkie. 
Source: here | an official photograph
Hae-Young pun menjadi salah satu anggota tim Cold Case (Kasus lampau yang belum terpecahkan) dengan Soo-Hyun sebagai ketua tim. Tim tersebut berusaha mati-matian menyelesaikan Cold Case yang hampir tidak ada kemungkinannya. Transmisi Hae Young di 2015 dengan detektif Lee Jae Han di tahun 2000 ternyata membantu dengan segala konsekuensi ditangan mereka berdua. Seperti kutipan di atas, "Don't ever give up, You can cange the past."

Source: here | Couple of the drama.
Drama ini cukup kompleks karena melibatkan dua garis waktu. Ya, mungkin awalnya berfikir bahwa ini tak masuk akal. Tapi yah.... justru itula daya pikatnya. Dan  drama inilah yang bisa membuat penonton tak rela tamat saking bagusnya. Hanya 16 episode pula. Tapi pas kok. Segalanya sangat pas di porsinya. Drama ini tentu tak sempurna, menurutku, masih ada beberapa poin kecil yang patut dipertanyakan. Semacam kurang di perluas ceritanya saking penasarannya, tapi semuanya itu ter-cover dengan aspek lainnya. Untuk soundtrack jangan ditanya. Cocok dengan cerita dan well-listening semuanya. Coba dengar OST yang ini, terasa banget dinginnya.




Akhir kata, Signal is not only good, it's a masterpiece! 

2 timeline^^ tagsecond


No comments:

Post a Comment