Tuesday, July 15, 2014

30+ Tips dan Trik Rahasia Dapur


Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti nggak luput dari apa yang namanya dapur. Apalagi untuk kaum wanita. Ternyata banyak sekali rahasia-rahasia sampai trik urusan dapur yang nggak umum atau belum banyak diketahui, lho. Pasti rugi banget kalau melewatkan tips dan trik yang akan aku share karena ini sungguh kujamin akan memudahkan kerja dapurmu.

1. Cara Termudah Memisahkan Kuning Telur


Memisahkan telur itu memang tidak mudah. Tapi cara yang satu ini wajib di coba. Pecahkan telur dalam piring atau mangkuk. Siapkan satu botol air mineral bekas. Remuk botol tersebut dengan menekan botol lalu dekatkan ke kuning telur dan lepaskan dengan cepat. Setelah di lepaskan, kuning telur dengan sendirinya akan berada di dalam botol.

 2. Membuat Mayonais Sendiri dengan Mudah


Kamu bisa membuat mayonais sendiri dengan cepat dan mudah tentunya. Dengan menuangkan telur ke dalam gelas lalu tambahkan secangkir kecil minyak. Tinggal di blender dengan immersion blender dari bawah ke atas. Jadilah mayonaismu sendiri!

 3. Mengeraskan Kembali Mentega yang Telah Leleh



Kamu dapat mengeraskan kembali mentega yang telah leleh dengan cara letakkan lelehan mentega tersebut ke dalam sebuah mangkok kecil lalu masukkan lelehan mentega tersebut ke dalam mangkok besar yang telah terisi beberapa potongan es batu. 

 4. Menjaga Buah Agar Tak Lekas Berubah Kecoklatan



Gunakan perasan buah lemon untuk menjaga kesegaran warna buah. Kandungan asam sitrat dan vitamin C dalam lemon bisa memperlambat proses oksidasi yang menyebabkan warna kecoklatan atau kekuningan dalam permukaan buah. Selain itu kamu juga bisa menggunakan madu karena mengandung zat peptida.

 5. Cara Cepat Mengupas Kentang  Tanpa Pisau


Dengan merebus kentang hingga matang, lalu angkat dan masukkan ke dalam air dingin. Setelah itu kamu dengan mudah dapat mengupas kulit kentang tersebut hanya menggunakan jari tanganmu.

 6. Memotong Ceri, Tomat atau Buah Sejenis Secara Bersamaan



Caranya cukup mudah. Kamu bisa memotong beberapa buah tomat (atau sejenisnya) dalam sekali iris dengan meletakkan tomat-tomat pada piring datar, tutup dengan piring datar lain. Lalu perlahan tekan piring datar tersebut dan potong melalui sela piring menggunakan pisau.

 7. Cepat Mematangkan Buah Pisang


Kamu dapat membuat pisang yang masih hijau jadi lebih matang dan kuning hanya dengan menyimpan pisang tersebut ke dalam kantong kertas. Hal ini akan membuat gas etilen yang dikandung pisang terkonsentrasi dan mempercepat proses kematangan. Mudah kan?


 8. Mengupas Telur Rebus Lebih Cepat



Tambahkan cuka atau soda kue dalam rebusan telur dapat membuat cangkang atau kulit telur mudah dikupas. Mengapa demikian? Karena cuka maupun soda kue dapat menenembus cangkang telur hingga ke bagian selaput putih telur, lho. 

 9. Gula Merah/Aren Agar Tak Lekas Mengeras 


Caranya cukup letakkan potongan kecil roti tawar ke dalam gula aren atau gula merah. Hal ini karena roti tawar akan menjaga gula agar tetap lembut, tidak menggumpal, kotor maupun menjamur. 

 10. Memotong Es Krim dengan Pisau


Ini merupakan alternatif penyajian es krim bila kamu bosan dengan es krim berbentuk bulat. Kamu bisa memotong es krim dalam bentuk persegi dengan pisau. Cukup masukkan sekotak es krim dalam panci air panas selama 15-20 detik. Bila sudah, ambil dan tuang es krim tersebut pada piring. Setelah itu, kamu bisa mudah memotongnya dengan pisau.

 11. Biar Potongan Kentang Tampak Bersih


Umumnya, potongan kentang biasa akan terlihat kotor dan berwarna keabu-abuan karena terjadinya proses pelepasan amilum atau zat tepung pada kentang. Nah, untuk mengatasinya cukup merendam potongan-potongan kentang ke dalam air dingin.

12. Memotong Keju Yang Lembut dengan Rapi (Tidak Hancur)


 13. Biar Lezatnya Keju Tetap Berlangsung Lama


Source: here
Kamu cukup membungkus keju dengan plastik atau alumunium foil lalu menyimpan keju tersebut di dalam kulkas. Dengan cara ini, keju kamu akan bertahan lebih lama atau sekitar 3 bulan. Jika kamu menyimpan keju di dalam suatu wadah, kamu cukup mengoleskan margarin lalu menyimpannya di tempat yang kering. Minyak yang dikandung margarin akan melindungi kejumu dari kekeringan.

14. Agar Tomat Tak Cepat Busuk dan Senantiasa Tahan Lama



Simpanlah tomat kamu dengan tangkai yang masih utuh. Hal ini akan membuat tomatmu tak cepat membusuk karena tangkai yang menempel pada tomat akan menjaga kelembaban tomat tersebut, mencegah udara masuk dan mengoksidasi tomat. Tak lupa, tetap simpan tomat dalam suhu kamar.

15. Menjaga Telenan Kayu Tetap Bersih



Caranya, gosoklah telenan kayu dengan potongan lemon atau perasan lemon ditambah butiran-butiran garam kasar. Hal ini berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan serta bau yang masih menyertai telenan. Setelah itu, olesi permukaan telenan dengan minyak. Lakukan tips ini setiap sebulan sekali, ya. 

16. Cepat Mengupas Telur dengan Masal


Cukup letakkan beberapa telur sekaligus dalam suatu wadah tertutup, kemudian kocok berulang-ulang hingga kulit telur tampak pecah-pecah. Setelah itu, kita tinggal mengupas telur dengan cara biasa.

17. Membersihkan Wajan, Teflon, dan Loyang Biar Tidak Berkarat



Bila membersihkan wajan, loyang ataupun teflon secara berkala dengan sabun akan menimbulkan karat, kamu wajib memakai cara yang satu ini. Gunakan garam saat mencucinya. Gosok-gosok garam tersebut pada bagian yang masih ada sisa makanan. Ini akan mencegah karat timbul dalam peralatan memasak kamu.

18. Membuat Daging Empuk dan Gurih

Source: here
Selama ini, cara yang populer untuk mengempukkan daging adalah dengan merebus menggunakan air (untuk olahan rendang, empal, semur) atau dengan memukul-mukul daging tersebut dibalut daun pepaya (untuk steak, daging panggang atau potongan). Namun cara-cara tersebut cukup memakan waktu, bukan? Nah, ada alternatif lain yaitu dengan memanfaatkan kulit pisang. Pilih kulit pisang yang telah matang lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, tambah kulit pisang saat kamu memasak daging tersebut. Kandungan alami dalam kulit pisang dapat membantu menguraikan protein daging, lho.

19. Menjaga Bawang Putih dan Merah Biar Tetap Segar



Memang, sih. Bawang merah dan bawang putih tidak cepat busuk. Tapi bila kamu ingin menyimpannya dalam waktu yang lebih lama, sekitar satu bulan lebih, dan masih ingin tampak segar, kamu bisa mencoba cara ini. Kamu hanya perlu kantung kertas. Masukkan bawang merah dan putih dalam kantung kertas tapi jangan lupa memberi lubang yang lumayan banyak lalu tinggal tutup dengan penjepit (seperti gambar di atas). Mudah dan tetap rapi, bukan?

20. Membuat Coklat Panas Lezat Hanya dengan Permen Coklat


Kamu bisa membuat coklat panas bikinanmu sendiri dengan rasa yang mirip semirip-miripnya dengan coklat asli. Cukup panaskan segelas susu putih dengan microwave selama dua menit. Bisa juga menggunakan teflon, panas menyesuaikan. Setelah itu tambahkan tiga hingga empat butir permen coklat truffle yang ada di pasaran. Aduk-aduk hingga merata. Coklat hangat sekelas kafe mahal ada di genggaman!

21. Mencuci Sayuran dan Buah Tanpa Bahan Kimia 


Bersihkanlah buah-buahan dan sayuran segar dengan soda kue yang telah dicampur air. Gosok-gosok hingga sayuran dan buah-buahan di tangan kamu bersih mengkilap. Dipastikan tanah, kotoran, maupun pestisida yang terkandung di permukaannya telah lenyap.

22. Biar Bau Bumbu Masakan Hilang dari Tangan


Seusai memasak, dipastikan tanganmu masih mengandung bau bumbu-bumbu dapur seperti bawang merah, jahe, seledri, dan lain lain. Kamu bisa menetralisir bau tersebut dengan menggosokkan air lemon, besi tahan karat (stainless steel), dan soda kue. Mengapa perlu stainless steel? Karena dapat mengikat zat maupun gas yang masih terkandung di tanganmu.

23. Mengupas Mangga Secepat Kilat Tanpa Terluka


Yang cukup kamu lakukan adalah potong perut dan punggung mangga yang telah matang (pisahkan dari biji /pelok menjadi dua bagian) lalu siapkan sebuah gelas. Setelah itu letakkan ujung mangga pada bibir gelas, tekan sedikit lalu dorong dan pastikan kulit mangga yang terkelupas setipis mungkin. Hanya butuh waktu singkat kamu sudah dapat mangga yang manis segar dan siap dimakan. 

24. Mengukur Sirup atau Madu Agar Tidak Lengket


Untuk mengukur cairan yang mudah lengket seperti sirup dan madu, kamu cukup mengoleskan gelas ukur dengan air panas atau minyak goreng terlebih dulu. 

25. Membersihkan Biji Pada Buah Semacam Melon


Cukup dengan scoop es krim kamu dapat membersihkan biji pada buah melon, blewah, ataupun mentimun suri. 

26. Memotong Semangka dengan Unik


Jika kamu bosan dengan potongan semangka seperti setengah lingkaran atau segitiga, kamu bisa mencoba cara ini. Kamu dapat memotong semangka seukuran jari, lho. Ini menimbulkan kesan praktis hasilnya pun akan lebih banyak dan tidak ribet memakannya. Caranya bisa kamu simak di sini. Mudah banget pokoknya.

27. Memotong Kue dengan Mudah, Cepat, Rapi dan Sempurna 


Gunakan pisau yang panas (rendam pisau dalam air panas) untuk memotong kue ulangtahun. Hasilnya pasti akan tampak sempurna dan potongan tidak akan hancur.

28. Menghilangkan Bau Apek pada Beras


Source: here
Bila beras kamu berbau apek karena beberapa faktor, yang perlu kamu lakukan adalah dengan menambahkan sedikit garam dan daun salam dalam adonan beras lalu kukus. Atau bisa juga dengan menambahkan beberapa lembar daun pandan. Percaya deh, bau apek pada beras akan hilang. 

29. Cara Mudah Membuat Karamel Sendiri


Source: here
Pada dasarnya karamel merupakan gula yang dilelehkan. Jika telah berwarna keemasan, terbentuklah karamel. Ada beberapa versi membuat karamel, tapi yang mudah adalah sebagai berikut. Campurkan segelas gula dan dua hingga tiga sendok air dalam panci berukuran sedang dan aduk hingga mendidih. Nah, aduknya 8 -10 menit sampai berwarna kecoklatan. Jadilah karamel untuk digunakan secepatnya. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah cita rasa karamel kamu.

30. Tips Supaya Tidak Menangis Saat Memotong Bawang


Dinginkan dahulu bawang yang akan kamu potong untuk mencegah keluarnya cairan air mata. Atau dengan menggigit sepotong roti saat memotong bawang agar roti bisa menyerap gas air mata yang dikandung bawang sebelum sampai di hidung kamu. 

Nah, itu dia 30 tips dan trik serta rahasia dapur yang akan memudahkan hidupmu. Mengapa dalam judul 30plus? Karena untuk update tips selanjutnya. Hehehe. Dari tips di atas, pasti banyak yang belum tahu. Oleh sebab itu, semoga postinganku kali ini berguna bermanfaat bagi bangsa dan negara urusan dapurmu nanti, yaaa.. 

Vielen Dank, 


Aida.
Source: here, here, here and here.

ps: sebetulnya banyak dari tiga puluh tips di atas diambil dari www[dot]hipwee[dot]com. Tapi untuk meminimalisir deteksi dari copyscape aku menata ulang susunan kalimatnya. 

2 comments: