Wednesday, March 9, 2016

Osmosis (Krenasi Hemolisis Plasmolisis Turgid Osmosis) Sel Hewan Sel Tumbuhan

Judulnya panjang bener ya? Hehe. 

Buat kamu yang masih bingung dan kadang lupa tentang osmosis sel hewan dan tumbuhan baik di lingkungan larutan Hipertonik, Hipotonik, dan Isotonik yuk pahami konsepnya ajaa. Jangan di hafalkan, tapi dipahami serius deh itu membantu banget dan tiap tahun soal ini selalu keluar di mana saja.

Osmosis adalah transportasi larutan dari konsentrasi rendah (hipotonik) ke konsentrasi tinggi (hipertonik).  Itu konsentrasi larutan misalnya larutan garam, nah yang konsentrasi garam rendah ke konsentrasi garam tinggi. Lain lagi dengan air, kalau air hipotonik itu yang airnya lebih banyak. Logika aja, kalau larutan garam dengan garam satu sendok dengan garam sepuluh sendok yang hipotonik yang satu sendok dong. Selain konsentrasinya lebih rendah, kandungan airnya kan lebih banyak dari yang sepuluh sendok. Gituu. Pokoknya berkebalikan konsentrasi zat dengan air.

Dalam tumbuhan osmosis itu banyak macamnya, meski konsepnya sama tapi dinamakan dengan cara berbeda. Perhatikan gambar berikut, deh.

Aku dapat gambar ini dari sebuah presentasi

Intinya itu: osmosis adalah pindahnya air dan konsentrasi dari hipo ke hiper. Jadi meski banyak namanya kalau tahu konsepnya dari gambar di atas kan jadi enak belajarnya kan :)




Krenasi Hemolisis Plasmolisis Turgid Osmosis Sel Hewan Sel Tumbuhan

2 comments: