Tuesday, April 26, 2016

Review Drama Korea: Reply 1988 (응답하라 1988)

soompi.com
Best drama of the year, huh? 

Seri Reply ini populer banget mulai dari Reply 1997, 1994, dan yang terbaru Reply 1988. 1988? Aku dan kakak laki-laki ku belum lahir hahaha. 

Reply 1988 masih juga seputar menemukan cinta pertama sekaligus suami masa depan, namun di seri ini juga sarat akan kekeluargaannya. Berkisah tentang lima keluarga yang tinggal di lingkungan yang sama di sebuah gang atau kompleks di Seoul, tepatnya Ssangmundong. 

Dari kiri ke kanan: Duk Sun, Jung Hwan, Taek, Dong Ryong, Sun Woo. diramonds
Duk-Sun (Hyeri), Jung-Hwan (Ryoo Joon-Yeol), Sun-Woo (Ko Gyung-Pyo) dan Dong-Ryong (Lee Dong-Hwi) dan Taek (Park Bo Gum) adalah lima bersahabat yang telah berteman sejak mereka kecil. Mereka semua tumbuh bersama-sama sebagai tetangga yang rukun. Keluarga mereka juga sangat dekat satu sama lain. Mereka sering berkumpul di rumah Taek dan menghabiskan waktu bersama untuk melakukan dan membahas banyak hal. 


.dramabeans.com
Keluarga Duk-Sun cenderung sederhana, tinggal di rumah semi basement rumahnya Jung-Hwan. Dikarenakan ayahnya, Dong-Il (Sung Dong-Il) kehilangan uang karena memberi utang kepada orang lain. Meski begitu, Duk-Sun selalu ceria meski sering juga  berkelahi dengan kakaknya, Bo-Ra (Ryoo Hye Young).

Berbeda dengan Duk-Sun, keluarga Jung-Hwan adalah yang paling kaya. Di episode berapa nanti akan dibahas bagaimana bisa keluarga Jung-Hwan ini bisa kaya. Jung-Hwan anak yang pintar dan rajin tapi agak dingin. Ibunya sering iri dengan ibu-ibu lain yang begitu dekat dengan anaknya. Jung-Hwan ini yang lumayan menjadi idola di sekolah. Mempunyai kakak laki-laki Jung Bong yang masih saja berusaha masuk perguruan tinggi yang gampang gemar terhadap sesuatu. 

news.mt.co.kr
Sun-Woo adalah anak yang paling normal kalau menurutku. Dia ketua kelas di kelasnya Jung-Hwan dan Dong-Ryong. Baik, kalem dan pintar. Ibu Sun-Woo satu-satunya janda di kompleks membuat Sun-Woo sangat mencintai ibunya dan mengurus adiknya, Jin-joo dengan sepenuh hati. Lalu ada Dong-Ryong, anak yang ceria, mudah bergaul tapi bandel padahal ayahnya adalah wali kelasnya. Dia tidak suka belajar sukanya bermain.  Yang terakhir adalah Taek, seorang pemain Baduk (Go) terkenal yang dia putus sekolah. Dia anak yang terakhir pindah ke kompleks. Anaknya kalem dan baik. Hidup hanya bersama Ayahnya.

nextmedia.com
Kalau kalian sudah menonton hingga delapan atau lebih, hanya akan ada dua kemungkinan: team Junghwan atau team Taek. Team yang lain? Boleh tapi itu dua kandidat terkuat. Yang aku suka dari drama ini adalah jalan ceritanya. Memang agak keluar dari Reply sebelumnya yang berkisah di dalam sebuah indekos, Reply 1988 seputar kompleks! Semua keluarga memiliki porsi yang baik, semua masalah ditampilkan dan diselesaikan dengan rapi. Di satu episode kadang menuai banyak tawa kadang lebih banyak tangisnya. Sebuah drama yang manis dan heartwarming. Meski pemain-pemainnya banyak pendatang baru, mungkin karena cerita yaa drama ini jadi andalan di Korea sana. Ratingnya tidak main-main lho padahal tayang di tv kabel (berbayar).

Masih ada ciri khas Reply juga, kalau episode awkward yang mengarah ke lucu bakalan ada backsound kambing, dan emang lucu bangeeet. Tidak disarankan nonton waktu malam pokoknya, banyak yang tergangu nanti hehehe.

Duksun and future husband.
Totally recommended! 

No comments:

Post a Comment