Saturday, April 30, 2016

Song I Love Recently: Lagu Lawas Legendaris

Source: here | Edited by me.
Hai hai! Setelah sukses menulis postingan tentang Song I Love Recently (halah kayak apa aja-.-), bisa ditengok di sini, aku memutuskan menulis SILR lanjutan yang bertemakan lagu lawas yang sempat menjadi legenda. Ini benar-benar murni suasana hatiku sekarang ya. Pokoknya lagu-lagu dalam list ini adalah lagu-lagu kesukaan ayah dan ibuku, anaknya jadi ikutan suka deh.

1. Ebiet G Ade - Camelia I


Yep, semua lagu Camelia. Tapi yang paling nendang ke kalbuku adalah camelia I dan II. Wuiiss campur aduk antara sedih dan ... ugh pokoknya harus dengerin sendiri baru dapat mendeskripsikannya sendiri. Menurut sebuah blog yang ku baca, Camelia I ini adalah tahap menyukai alias mengagumi, kemudian Camelia II adalah mencintai, Camelia III mulai berusaha memiliki, kemudian Camelia IV ini yang paling sedih, melepaskan. Banyak simpang siur versi penafsiran sih sebetulnya karena lagu Camelia ini adalah misteri sang maestro, Bapak Ebiet.


2. Ebiet G Ade - Kupu-kupu Kertas


Ini lagu legendaris banget dah. Dengan lirik yang menyentuh hati itu Bapak Ebiet menyanyikan lagu ini dengan epik sehingga terdengar emosional. Benar-benar penuh makna, silakan dijabarkan sendiri maknanya yaaa.. dengan perspektif kita sendiri lagu ini akan terasa istimewa. 

3. Uci Bing Slamet - Bukit Berbunga


Kali ini adalah lagu cinta nan sedih dari Ibu Uci Bing Slamet. Merupakan tembang kenangan yang sering diputar di pernikahan, betul? Hehehe. Pokoknya romantis banget. You should listen  this when you're deeply falling in love. Meski gak pernah ke bukit berbunga.

4. Evi Tamala - Aku Rindu Padamu


My Mom's song! Manis dan sedikit galau hehe. Mau tidur teringat padamu... Mau makan ada teringat padamu. Segitunya ya. 

5. Evi Tamala - Lukaku


Kalau kata ibuku lagu ini judulnya Belum Kering. Lumayan nyambung sih dengan lirik lagunya. Begitu menyayat hati tapi bernuansa dangdut. Ibuku bahkan berusaha menghafal lagu ini lagi hehehe. Benar-benar legendaris. 

6 Rita S - Janji

Emang lagu dangdut yang booming waktu itu, mungkin sekitar tahun 80 an saat ibuku masih seumuran aku. Liriknya juga begitu menohok oknum yang suka mengumbar janji. 

7. Ebiet G Ade - Menjaring Matahari


Pokoknya hingga sekarang belum ada satupun lagu yang menandingi kedahsyatan emosi lagu ini. Benar-benar bikin merinding. Coba kita renungkan, apa arti kata Matahari dalam lagu ini? Benar-benar lagu yang dapat membuat kita berkaca sekaligus bertanya, apa arti diri kita di hidup ini dan siapa yang akan menolong kita di dunia yang kejam ini? Ya, tentu. Selain diri-Nya, siapa lagi?

---

Oke itu dia Song I Love Recently kali ini. Semoga bisa memproduksi postingan SILR yang lain. Kalau mau rekues atau saran boleh banget kok. Bisa jadi saran-saran yang masuk aku dengerin kemudian aku jadi suka. Dan jadilah SILR yang lain. Selamat bernostalgia! =D

1 comment:

  1. Sudah kudengarkan semua! Ih keren ya bisa bikin list seperti itu. Hmmm yang sering diputar di tv Ebiet Perjalanan Ini :D

    ReplyDelete